Rabu, 27 Mei 2009

Kesederhanaan adalah Kekuatan Luar Biasa


By Joko Susilo

Tidak sedikit orang yang mudah terpesona dengan hal-hal yang kompleks dan rumit. Dalam pikirannya, segala yang rumit atau kompleks, pastilah luar biasa, canggih, dan ‘wah’. Namun sayangnya kadang pandangan tersebut dibarengi dengan menganggap remeh hal-hal sederhana. Kesederhanaan dipandang hanya sebelah mata.
Apakah benar kesederhanaan itu tidak luar biasa dan powerful?
Menyadari betapa dunia saat ini sudah begitu kompleks merupakan satu kenyataan yang tak terbantahkan. Perkembangan teknologi dan komunikasi melesat begitu cepat. Teknologi-teknologi terbaru terus bermunculan.
Betul kalau sekarang dunia kita begitu kompleks. Namun, kerumitan tak seharusnya kemudian ditampilkan dengan wajah seadanya. Yang hebat menurut saya adalah mampu menjadikan segala hal yang begitu rumit menjadi jauh lebih sederhana. Agar siapapun bisa menikmatinya dengan nyaman.
Anda bisa lihat Google. Di balik kerumitan Google dalam proses pembuatannya, Google menawarkan hal yang sangat sederhana kepada para penggunanya. Bila anda ingin mencari sesuatu, anda cukup mengetikkan kata yang dicari, dalam sepersekian detik hasil pencarian langsung muncul.
Kemudahan dan kesederhanaan Google membuatnya menjadi search engine nomor satu di dunia. Kesederhanaan Google itu pula yang menjadi trend-setter di kalangan search engine lain. Dan menjadikan “simplicity web” sebagai falsafah acuan bagi para pembuat situs web di dunia.
Bukan hanya dalam desain dan isi (content) web, bahkan dalam jiwa Google, kekuatan kesederhanaan itu begitu kuat merasuk. Sehingga produk-produk keluaran Google selalu memancarkan kekuatan kesederhanaan itu.
Karena memang seperti yang juga saya yakini: kesederhanaan adalah kekuatan yang luar biasa.
Sederhana membuat kita fokus.Sederhana membuat hidup kita lebih simpel.Sederhana membuat hidup lebih seimbang.Sederhana membuat tindakan kita lebih efektif dan efisien.Sederhana membuat hidup anda lebih mudah.
Anda pun bisa mulai hidup yang sederhana namun luar biasa. Mulai dari pikiran anda detik ini juga. “Rapikan pikiran anda. Carut marut pikiran, urai dan aturlah kembali. Dan rasakan hasilnya. Anda akan bisa berpikir jauh lebih jelas!”
Kesederhanaan. Itulah kata kunci yang menjadi rahasia bisnis internet saya selama ini. Berkat kesederhanaannya, FormulaBisnis menjadi satu-satunya bisnis internet di Indonesia yang bertahan lebih delapan tahun dan terus berkibar.
Mulailah bisnis internet anda dengan cara sederhana. Cukup tiga langkah. Anda memiliki produk, membuat situs web, dan mengalirkan traffic. Maka bisnis internet anda sudah berjalan.
Mengapa kita harus membuatnya menjadi rumit bila yang sederhana terbukti berhasil? Bagaimana pendapat anda?

Senin, 25 Mei 2009

Berinvestasilah Sekarang untuk Memulai Bisnis dan Meraih Kebebasan Finansial


By Joko Susilo

Tidak ada yang gratis di dunia ini. Semua barang yang anda inginkan harus didapat dengan membayar sejumlah uang. Pakaian, makanan, rumah, bahkan tissue WC harus dibeli dengan uang. Hidup memang mahal.
Tanpa anda sadari, saat anda membelanjakan uang, anda juga harus membayar lebih. Ah, yang benar saja? Benar, anda membayar juga dengan waktu anda. Karena saat membelanjakan uang, anda juga perlu waktu untuk melakukannya. Time is money. So, money is time too.
Padahal uang itu milik anda sendiri. Anda mendapatkannya dengan bekerja keras di kantor. Nah daripada anda membelanjakan uang anda, lebih baik gunakan uang itu untuk membangun bisnis sendiri. Dengan memiliki bisnis atau usaha, anda bisa mendapat pemasukan tambahan. Lumayan kan?
Lantas bagaimana caranya? Pertama, anda harus tahu caranya agar uang anda tak hilang sia-sia. Maka, sebelum memutuskan untuk membuka bisnis banyak persiapan yang harus anda lakukan. Misalnya anda harus meriset pasar, membaca buku panduan bisnis, atau konsultasi dengan konsultan bisnis. Tapi untuk semua itu, anda juga harus membayar kan?
Untuk melakukan riset pasar, anda perlu analisis yang matang. Untuk melakukan riset anda harus melakukan kunjungan, melakukan survei, dan banyak bertanya. Artinya, anda harus mengeluarkan sejumlah uang.
Kalau begitu anda beli saja buku panduan bisnis. Tapi itu juga perlu biaya. Setidaknya biaya puluhan atau ratusan ribu untuk membeli buku. Iya kalau satu buku anda rasa cukup. Kalau anda memerlukan puluhan buku, biayanya akan berlipat ganda.
Nah, saatnya menggunakan konsultan bisnis. Anda tinggal meminta mereka melakukan riset untuk anda. Eit, tapi siapa yang akan membayar konsultan itu. Apa dia akan pergi begitu saja setelah anda ucapkan terima kasih? Tidak. Anda harus membayarnya.
Jadi apa yang harus anda lakukan untuk membangun bisnis yang produktif?
Saya punya caranya. Saya akan memberi anda ide yang tiada habisnya. Saya yakin, dengan cara ini anda akan bisa memiliki bisnis yang sukses. Tapi sekali lagi, tidak ada yang gratis.
Karena saya yang akan membimbing anda menekuni bisnis internet. Daripada anda bekerja delapan jam sehari di kantor, mulai jam 8 sampai jam 4, lebih baik mengelola bisnis yang bisa membuat anda memiliki kebebasan finansial nantinya.
Nah, jika anda memang ingin memiliki bisnis atau usaha, sekarang tinggal pilih. Apa anda mau membayar biaya riset? Membeli setumpuk buku panduan bisnis, membayar konsultan, atau mengikuti cara saya dengan berbisnis internet?
Jika anda memilih jawaban terakhir, segera gabung di www.FormulaBisnis.com agar anda sukses. Dan uang akan terus mengalir. Sekalipun saat liburan bahkan.

Kunjungi sebelum liburan selesai http:www.formulabisnis.com/?id=razmyhumris
________________________________________

Bagaimana Menjadi Affiliate Marketer yang Andal?


By Joko Susilo

Sampai saat ini, affiliate program menjadi bisnis yang tak tertandingi di jagad internet. Banyaknya keuntungan yang melekat pada bisnis ini menjadi penarik utamanya. Seperti pola kerja fleksibel yang membuat anda bisa mengatur kegiatan afiliasinya dengan mudah. Tanpa harus khawatir bertabrakan dengan aktivitas utama anda.
Selain itu, resikonya boleh dibilang sangat kecil. Modal yang diperlukan tak terlampau besar untuk memulainya. Sementara, prospek keuntungannya bisa berkali-kali lipat. Karena itu, tak heran jika bisnis affiliate program dari hari ke hari semakin marak. Banyak pemain baru yang mencoba peruntungannya di bisnis ini.
Begitupun dengan para affiliate marketer. Dengan banyaknya affiliate program yang ditawarkan, otomatis jumlah affiliate marketer ikut membludak. Mereka semua berlomba untuk bisa ikut mencicipi manisnya mendapat uang dari affiliate program.
Dan seperti pernah saya singgung tentang cara affiliate mendapatkan uang, dalam memilih suatu affiliate program, para affiliate marketer perlu mencermati sistemnya. Sebagian besar affiliate program memang memakai sistem pay per sale. Artinya, affiliate marketer mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan. Sehingga affiliate perlu gencar berpromosi.
Namun, bukan itu saja yang diperlukan. Karena sebetulnya, ada hal-hal yang lebih mendasar yang perlu melekat pada diri affiliate marketer agar bisa mencapai sukses yang diinginkan. Apa saja itu?
Selalu belajar. Inilah sikap mendasar pertama yang harus tertanam dalam diri seorang affiliate marketer. Yaitu kesadaran untuk terus belajar meningkatkan kemampuan. Memang bagi yang pertama kali berniat mulai, mungkin terlihat sangat sulit. Kadang juga muncul keraguan mengenai kemampuannya. Tapi berbekal kemauan untuk terus belajar, segala kesulitan itu PASTI bisa kita pecahkan. Pesan saya, nikmati proses belajar yang tengah anda jalani! Sebab di situlah awal sukses anda dimulai.
Pantang menyerah. Seorang affiliate marketer harus bermental pantang menyerah. Segala rintangan dan mungkin pencapaian yang belum seperti diharapkan adalah tantangan yang harus ditundukkan. Berbekal semangat pantang menyerah ini, saya yakin seberat apapun tantangan yang anda hadapi, pasti anda bisa melewatinya dengan sukses.
Tetap optimis. Affiliate marketer perlu membiasakan sikap optimis dalam pikiran dan tindakan. Sikap optimis akan menumbuhkan semangat anda untuk terus berjuang sampai kesuksesan yang diinginkan bisa tercapai. Meski ada halangan, optimislah PASTI ada jalan untuk menyelesaikannya. Selalu tanamkan keyakinan bahwa ada sejuta jalan untuk sukses menjadi affiliate marketer. Tak ada orang sukses yang tak memiliki sikap optimis. Camkan dan praktekkan!
Disiplin. Pastikan setiap jadwal yang telah kita rencanakan bisa terlaksana sesuai target waktu. Dari kedisiplinan ini, hasilnya bisa anda rasakan sendiri. Kedisiplinan dan kesuksesan merupakan teman karib. Kalau anda sudah berteman dengan kedisiplinan, selanjutnya kesuksesan akan menjadi kawan anda pula.
Luangkan waktu dan usaha tiap hari. Affiliate marketer perlu meluangkan waktu dan berusaha setiap hari. Agar bisa terus mengembangkan bisnis affiliasinya. Tak masalah berapapun alokasi waktu yang anda jadwalkan. Mungkin hanya 15 menit, 30 menit, atau sejam sehari. Tapi pastikan setiap harinya anda tak berhenti mengembangkan bisnis affiliate program yang anda ikuti. Kawal terus bisnis anda dan pastikan sesuai jalur yang anda harapkan.
Kelima hal itu adalah dasar sukses bagi siapapun yang berniat menekuni karir sebagai affiliate marketer. Saya jamin, kalau anda melakukannya secara konsisten, komisi yang terus mengalir pada kantong anda hanya tinggal menunggu waktu saja. Tidak berat kan melakukan semua itu?
Silahkan kunjungi http://www.formulabisnis.com/?id=razmyhumris

Bagaimana Membuat Penghasilan Terus Meningkat Tanpa Henti



Anda “bosan” dengan penghasilan yang diterima saat ini? Tak pernah naik apalagi di masa yang kian berat seperti sekarang ini? Tak perlu frustasi atau menyerah. Selalu ada jawaban untuk setiap kesulitan.
Yang pasti, kalau anda ingin meraih penghasilan yang lebih baik dan cara yang anda lakukan selama ini tak bisa diandalkan, anda perlu cara baru untuk mewujudkannya. Kalau anda masih melakukan cara yang sama, pasti hasil yang didapat pun tak jauh berbeda.
Tapi sebelum sampai ke Z, mari kita mulai dari A terlebih dulu. Jika anda mau mengubah hidup anda, anda perlu pondasi yang kokoh sebelum mencapai tahap itu. Agar saat anda sudah menikmati penghasilan seperti “pancuran air yang tak pernah mampet” atau ketika uang sudah bukan lagi segalanya, anda sudah memiliki kesiapan mental.
Fakta pertama yang perlu kita terima adalah kesuksesan itu bertumpu pada seberapa jauh produktivitas kita. Dan mengenai cara meningkatkan produktivitas, banyak buku dan pakar yang menyebut pentingnya manajemen waktu. Kita disarankan untuk membiasakan mengukur hasil dalam rentang waktu tertentu. Kalau dalam soal penghasilan misalnya, waktu yang sudah kita keluarkan dibandingkan dengan uang yang kita dapat.
Konsep ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari konsep “waktu adalah uang”. Kalau dalam konsep sebelumnya tersebut, belum ada ukuran yang jelas. Sedangkan dalam konsep pengembangannya ini, kita diajak untuk lebih ketat dan terarah dalam mengukur produktivitas kita.
Contoh cara gampang yang bisa anda praktekkan adalah dengan menghitung penghasilan anda dalam setiap jam. Pertama, anda tinggal tetapkan penghasilan yang ingin didapat dalam setiap jam. Kemudian anda tinggal menggunakan acuan penghasilan itu untuk memilih pekerjaan yang sepadan dengan “tarif” anda.
Lalu kalau anda ingin mendapatkan uang lebih banyak, anda tinggal menaikkan tarif per jam anda. Sehingga anda bisa memilih melakukan aktivitas yang bisa menghasilkan uang sesuai tarif baru yang anda tetapkan.
Bingung?
Contohnya begini. Kalau selama ini anda misal mematok penghasilan Rp 50 ribu/ jam dan ingin mendapat Rp 80 ribu/ jam. Maka anda tinggal mengurangi pekerjaan yang hanya menghasilkan Rp 50 ribu/ jam dan mengalihkannya ke aktivitas yang menghasilkan Rp 80 ribu / jam.
Cara ini mungkin sudah banyak yang tahu. Dan saya pun termasuk yang menerapkannya. Tapi setelah dijalani cukup lama, meski ada sisi plus-nya, tapi dalam jangka panjang konsep ini bisa sangat membahayakan keuangan anda.Anda pasti tanya kenapa. Mengenai apa saja plus minus-nya, saya beberkan di posting berikutnya.
Oh ya, kalau anda sendiri bagaimana trik untuk terus meningkatkan penghasilan? Mari bagikan pengalaman anda kepada kawan-kawan lainnya.

Sabtu, 23 Mei 2009

Bagaimana Menjadi Affiliate Marketer yang Andal?


Joko Susilo, ST.

Sampai saat ini, affiliate program menjadi bisnis yang tak tertandingi di jagad internet. Banyaknya keuntungan yang melekat pada bisnis ini menjadi penarik utamanya. Seperti pola kerja fleksibel yang membuat anda bisa mengatur kegiatan afiliasinya dengan mudah. Tanpa harus khawatir bertabrakan dengan aktivitas utama anda.
Selain itu, resikonya boleh dibilang sangat kecil. Modal yang diperlukan tak terlampau besar untuk memulainya. Sementara, prospek keuntungannya bisa berkali-kali lipat. Karena itu, tak heran jika bisnis affiliate program dari hari ke hari semakin marak. Banyak pemain baru yang mencoba peruntungannya di bisnis ini.
Begitupun dengan para affiliate marketer. Dengan banyaknya affiliate program yang ditawarkan, otomatis jumlah affiliate marketer ikut membludak. Mereka semua berlomba untuk bisa ikut mencicipi manisnya mendapat uang dari affiliate program.
Dan seperti pernah saya singgung tentang cara affiliate mendapatkan uang, dalam memilih suatu affiliate program, para affiliate marketer perlu mencermati sistemnya. Sebagian besar affiliate program memang memakai sistem pay per sale. Artinya, affiliate marketer mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan. Sehingga affiliate perlu gencar berpromosi.
Namun, bukan itu saja yang diperlukan. Karena sebetulnya, ada hal-hal yang lebih mendasar yang perlu melekat pada diri affiliate marketer agar bisa mencapai sukses yang diinginkan. Apa saja itu?
Selalu belajar. Inilah sikap mendasar pertama yang harus tertanam dalam diri seorang affiliate marketer. Yaitu kesadaran untuk terus belajar meningkatkan kemampuan. Memang bagi yang pertama kali berniat mulai, mungkin terlihat sangat sulit. Kadang juga muncul keraguan mengenai kemampuannya. Tapi berbekal kemauan untuk terus belajar, segala kesulitan itu PASTI bisa kita pecahkan. Pesan saya, nikmati proses belajar yang tengah anda jalani! Sebab di situlah awal sukses anda dimulai.
Pantang menyerah. Seorang affiliate marketer harus bermental pantang menyerah. Segala rintangan dan mungkin pencapaian yang belum seperti diharapkan adalah tantangan yang harus ditundukkan. Berbekal semangat pantang menyerah ini, saya yakin seberat apapun tantangan yang anda hadapi, pasti anda bisa melewatinya dengan sukses.
Tetap optimis. Affiliate marketer perlu membiasakan sikap optimis dalam pikiran dan tindakan. Sikap optimis akan menumbuhkan semangat anda untuk terus berjuang sampai kesuksesan yang diinginkan bisa tercapai. Meski ada halangan, optimislah PASTI ada jalan untuk menyelesaikannya. Selalu tanamkan keyakinan bahwa ada sejuta jalan untuk sukses menjadi affiliate marketer. Tak ada orang sukses yang tak memiliki sikap optimis. Camkan dan praktekkan!
Disiplin. Pastikan setiap jadwal yang telah kita rencanakan bisa terlaksana sesuai target waktu. Dari kedisiplinan ini, hasilnya bisa anda rasakan sendiri. Kedisiplinan dan kesuksesan merupakan teman karib. Kalau anda sudah berteman dengan kedisiplinan, selanjutnya kesuksesan akan menjadi kawan anda pula.
Luangkan waktu dan usaha tiap hari. Affiliate marketer perlu meluangkan waktu dan berusaha setiap hari. Agar bisa terus mengembangkan bisnis affiliasinya. Tak masalah berapapun alokasi waktu yang anda jadwalkan. Mungkin hanya 15 menit, 30 menit, atau sejam sehari. Tapi pastikan setiap harinya anda tak berhenti mengembangkan bisnis affiliate program yang anda ikuti. Kawal terus bisnis anda dan pastikan sesuai jalur yang anda harapkan.
Kelima hal itu adalah dasar sukses bagi siapapun yang berniat menekuni karir sebagai affiliate marketer. Saya jamin, kalau anda melakukannya secara konsisten, komisi yang terus mengalir pada kantong anda hanya tinggal menunggu waktu saja. Tidak berat kan melakukan semua itu?

5 Kesalahan yang Mendasar yang Harus Dihindari bagi Anda yang Berniat Memiliki Produk Sendiri


5 Kesalahan yang Mendasar yang Harus Dihindari bagi Anda yang Berniat Memiliki Produk Sendiri ,By Joko Susilo
Bagi anda yang sudah bergabung dengan Formula Bisnis dan Rahasia Blogging, pastinya sangat menyadari betapa penting memiliki produk sendiri. Punya produk sendiri berarti anda sedang merintis tambang uang anda.
Namun begitu, bila saya perhatikan, kadang ada produk yang baru diluncurkan tak lolos dari jeratan kesalahan-kesalahan mendasar. Apa sajakah itu? Berikut ini kesalahan-kesalahan mendasar yang tak boleh terjadi pada anda yang berniat memiliki produk sendiri.
Tidak melakukan riset pasar. Hanya berdasarkan intuisi atau keinginan mungkin. Lalu terburu-buru membuat produk informasi. Seharusnya, anda mulai dari meneliti pasar di internet. Bagaimana caranya? Silakan baca 6 cara meriset pasar agar bisnis internet berjalan lancar.
Tidak melihat peta persaingan. Di beberapa ceruk pasar mungkin tingkat kompetisinya sudah terlalu tinggi. Bila anda nekad untuk bermain di ceruk tersebut dengan persiapan seadanya, hampir bisa diprediksi kalau bisnis internet anda gagal.
Isi produk tidak fokus untuk konsumen. Terkadang kita terlalu asyik dengan diri sendiri saat membuat produk. Kita jadi abai dengan apa yang sebenarnya diperlukan oleh (calon) konsumen kita. Karena itu, camkan baik-baik kalimat berikut di otak anda. Saat membuat produk informasi, selalu tanyakan “apa yang mereka butuhkan? Apa gunanya bagi mereka? Apakah bagian ini bermanfaat bagi mereka?” Kualitas produk anda, seperti disebut Mas Sumartono, menjadi salah satu faktor kepuasan pelanggan.
Tak tahu hal-hal yang efektif atau tidak. Kalau yang ini anda akan temukan jawabannya seiring proses. Di awal, ketika anda mencoba berbisnis internet, anda belum tahu mana tempat beriklan yang efektif untuk produk anda, bagian mana dari halaman anda yang perlu diubah dan berefek terhadap penjualan, dan keyword apa yang paling banyak mendatangkan penjualan. Namun sering proses bisnis internet anda, anda akan temukan jawabannya.
Akhirnya marketing intinya. Ketika produk anda sudah jadi, pada akhirnya soal marketing yang berbicara. Banyak sekali mungkin produk yang bagus, namun tak jadi laris manis karena marketingnya tak jalan. Atau mungkin jalan, namun setengah-setengah. Atau langkah marketing jalan, namun jalan marketing yang diambil keliru.
Soal marketing pada intinya sederhana: “anda membawakan produk yang tepat pada orang yang tepat, dengan cara yang tepat, dan dalam waktu yang tepat!”
Baiklah. Bagaimana menurut anda? Silakan sampaikan pendapat anda dengan mengisi komentar.
Dan ikuti terus blog JokoSusilo.com. Karena dalam waktu dekat akan ada kejutan paling menghebohkan yang akan menggemparkan jagad bisnis internet dan blogging tanah air. Nantikan saja…
Salam ACTION!
Kunjungi http://www.formulabisnis.com/?id=razmyhumris

Jumat, 22 Mei 2009

Bagaimana Membuat Penghasilan Terus Meningkat Tanpa Henti

By Joko Susilo Comments (115) Trackbacks (4)
Anda “bosan” dengan penghasilan yang diterima saat ini? Tak pernah naik apalagi di masa yang kian berat seperti sekarang ini? Tak perlu frustasi atau menyerah. Selalu ada jawaban untuk setiap kesulitan.
Yang pasti, kalau anda ingin meraih penghasilan yang lebih baik dan cara yang anda lakukan selama ini tak bisa diandalkan, anda perlu cara baru untuk mewujudkannya. Kalau anda masih melakukan cara yang sama, pasti hasil yang didapat pun tak jauh berbeda.
Tapi sebelum sampai ke Z, mari kita mulai dari A terlebih dulu. Jika anda mau mengubah hidup anda, anda perlu pondasi yang kokoh sebelum mencapai tahap itu. Agar saat anda sudah menikmati penghasilan seperti “pancuran air yang tak pernah mampet” atau ketika uang sudah bukan lagi segalanya, anda sudah memiliki kesiapan mental.
Fakta pertama yang perlu kita terima adalah kesuksesan itu bertumpu pada seberapa jauh produktivitas kita. Dan mengenai cara meningkatkan produktivitas, banyak buku dan pakar yang menyebut pentingnya manajemen waktu. Kita disarankan untuk membiasakan mengukur hasil dalam rentang waktu tertentu. Kalau dalam soal penghasilan misalnya, waktu yang sudah kita keluarkan dibandingkan dengan uang yang kita dapat.
Konsep ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari konsep “waktu adalah uang”. Kalau dalam konsep sebelumnya tersebut, belum ada ukuran yang jelas. Sedangkan dalam konsep pengembangannya ini, kita diajak untuk lebih ketat dan terarah dalam mengukur produktivitas kita.
Contoh cara gampang yang bisa anda praktekkan adalah dengan menghitung penghasilan anda dalam setiap jam. Pertama, anda tinggal tetapkan penghasilan yang ingin didapat dalam setiap jam. Kemudian anda tinggal menggunakan acuan penghasilan itu untuk memilih pekerjaan yang sepadan dengan “tarif” anda.
Lalu kalau anda ingin mendapatkan uang lebih banyak, anda tinggal menaikkan tarif per jam anda. Sehingga anda bisa memilih melakukan aktivitas yang bisa menghasilkan uang sesuai tarif baru yang anda tetapkan.
Bingung?
Contohnya begini. Kalau selama ini anda misal mematok penghasilan Rp 50 ribu/ jam dan ingin mendapat Rp 80 ribu/ jam. Maka anda tinggal mengurangi pekerjaan yang hanya menghasilkan Rp 50 ribu/ jam dan mengalihkannya ke aktivitas yang menghasilkan Rp 80 ribu / jam.
Cara ini mungkin sudah banyak yang tahu. Dan saya pun termasuk yang menerapkannya. Tapi setelah dijalani cukup lama, meski ada sisi plus-nya, tapi dalam jangka panjang konsep ini bisa sangat membahayakan keuangan anda.Anda pasti tanya kenapa. Mengenai apa saja plus minus-nya, saya beberkan di posting berikutnya.
Oh ya, kalau anda sendiri bagaimana trik untuk terus meningkatkan penghasilan? Mari bagikan pengalaman anda kepada kawan-kawan lainnya.
Dan jangan sia-siakan kesempatan dan bergabunglah dengan kami http://www.formulabisnis.com/?id=razmyhumris

Sentuhan Personal: Penting untuk Membuat Konsumen Anda Loyal



Suatu saat, anda tengah berdiri di pinggir jalan. Lalu tiba-tiba ada orang yang menyapa anda. Menanyakan kabar anda dan seterusnya. Bagaimana perasaan anda?
Wah, pasti anda akan senang. Sambil diam-diam dalam hati merasa jadi orang terkenal. Tapi bukan itu yang penting. Yang penting kemudian anda juga akan memberikan perhatian pada orang yang menyapa anda itu. Dan bahkan berusaha mengenalnya lebih jauh.
Contoh lainnya misalnya, suatu ketika anda bertemu dengan teman lama anda. Dan anda langsung bercakap dengan bahasa daerah teman anda itu. Pasti dia akan merasa senang. Walhasil hubungan anda jadi lebih akrab.
Inilah salah satu keajaiban sentuhan personal. Mereka yang semula sama sekali tak peduli pada anda, bisa langsung berubah 180 derajat. Memberikan perhatian pada anda dan menganggap anda sebagai temannya. Dan ingat, teman adalah aset yang tak ternilai.
Penggunaan sentuhan personal dalam bisnis internet amat penting. Bukan cuma untuk berkomunikasi, tapi lebih dari itu untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.
Sentuhan personal juga lebih murah. Tak semahal kalau anda beriklan. Anda cukup mengingat nama mereka, apa hobi mereka, dan memberikan senyuman tulus. Dan saya jamin mereka akan memberikan perhatian yang lebih pada bisnis anda.
Memang menggunakan sentuhan personal hasilnya tak langsung kelihatan. Karena perlu berhubungan dengan konsumen secara satu per satu. Tapi saya yakin hasilnya akan lebih kekal. Konsumen anda loyal dan akan terus mengingat bisnis anda. Mereka akan menjadi pelanggan setia.
Nah, sekarang bagaimana sentuhan personal semacam ini bisa anda gunakan di bisnis internet?
Prinsipnya sama, hargai klien dengan memberikan pelayanan yang manusiawi. Seperti contoh di atas, sapalah klien anda dengan menyebut namanya saat anda mengirim pesan. Jika hal itu tidak mungkin anda lakukan secara manual, ada mesin autoresponder yang siap membantu.
Cara lainnya, ajaklah klien anda bercanda saat berkomunikasi. Buat mereka merasa nyaman dengan guyonan anda. Ini yang kemarin dilakukan presiden Obama untuk menjaring dukungan. Saat berkampanye di internet Obama tak pernah menganggap dirinya sebagai calon presiden Amerika. Ia memperlakukan teman-temannya di Facebook seperti seorang sahabat. Tidak hanya bicara masalah politik dan pemerintahan, Obama bahkan sering bercerita tentang hal yang lebih intim dengan para pendukungnya. Melalui cara seperti ini Obama bisa menjaga loyalitas pendukungnya hingga ia terpilih.
Bagaimana dengan anda? Apakah anda siap memberi sentuhan personal pada konsumen anda? Bicaralah seperti orang yang sedang duduk bersama di sebuah warung makan kepada mereka.
Yang jelas, anda mesti memperlakukan konsumen anda seperti sahabat. Ya, jadikan mereka sebagai sahabat anda.
Salam ACTION!

Anda Sudah Melakukan Personal Selling untuk Bisnis Internet Anda?

By Joko Susilo Comments (159) Trackbacks (0)
Untuk meningkatkan penjualan produk atau bisnis anda, sudah tentu marketing jadi andalannya. Dalam marketing sendiri banyak sekali jurusnya. Baik beriklan, melakukan promosi, mengadakan pameran, direct marketing, maupun personal selling.
Nah, kali ini yang akan dibahas adalah personal selling di bisnis internet. Anda siap?
Sebelumnya mari kita bahas arti personal selling. Personal selling adalah teknik komunikasi personal untuk menginformasikan sesuatu, mempengaruhi, atau mengingatkan pada prospek tentang sebuah penawaran. Tujuan personal selling jelas apalagi kalau bukan untuk meningkatkan penjualan, serta mengurangi tingkat penolakan konsumen. Mengapa bisa? Sebab biasanya pendekatan personal akan jauh lebih dahsyat efeknya dibanding dengan penawaran yang bersifat massal.
Di bisnis offline, personal selling termasuk komunikasi marketing berbiaya mahal. Wajar saja, karena seorang marketer harus menemui prospek satu demi satu, menjelaskan ke tiap prospek yang tentu makan waktu, dan butuh perlengkapan yang tak sedikit. Sebagai hitung-hitungan saja, kalau setiap marketer offline misalkan butuh waktu 1 jam untuk setiap prospek, maka sehari hanya mampu menemui sekitar 8 prospek.
Di internet? Jauh lebih banyak!
Dengan internet, anda bisa melakukan personal selling dengan sangat sangat sangat hemat dan jauh lebih cepat. Tak sampai keringatan karena berburu klien dari satu tempat ke tempat lain. Cukup dari meja kerja anda, dan anda bisa memprospek dan melayani para konsumen dengan sangat nyaman. Enak kan?
Bagaimana proses personal selling?
Proses personal selling biasanya diawali dari memprospek customer, memilah dan memilih prospek yang berkualitas, lalu mengembangkan hubungan baik, kemudian berlanjut ke penyampaian pesan penawaran.Nah berikutnya anda harus siap dengan lontaran pertanyaan yang muncul dari konsumen. Karena itu penguasaan pengetahuan produk dengan baik wajib hukumnya. Bila tidak, anda bisa gelagapan menjawab pertanyaan konsumen.
Contoh yang berhasil antara lain seperti Mas Yono Andrianto dan Bu Titik. Mas Yono menurut saya cukup berhasil dalam melakukan personal selling lewat internet, sedang Bu Titik cukup bagus secara offline. Karena sudah menguasai produk yang dipasarkan, maka mereka mampu menjelaskan dengan baik produk-produk yang dipasarkan.
Dan proses berikutnya berlanjut ke mengclosing penawaran. Ini salah satu proses penting. Pastikan dalam setiap proses personal selling yang anda lakukan, closing tak ketinggalan. Tutup setiap penawaran anda dengan closing!
Sudah selesai?
Belum. Bila mereka kemudian bergabung dengan layanan yang anda tawarkan, maka berikutnya anda wajib menyediakan layanan dan dukungan untuk mereka. Bentuknya bisa seperti konsultasi gratis, atau dukungan terhadap mereka. Dan anda tetap harus menjaga hubungan baik dengan mereka.
Kalaupun kemudian mereka belum bergabung dengan anda, anda tetap wajib mengembangkan dan memperkuat hubungan dengan orang-orang yang anda kenal itu. Sebab banyak teman, tak ada ruginya.

Langkah-Langkah Kecil yang Menghasilkan Keuntungan Luar Biasa (Bagian 3)

By Joko Susilo Comments (48) Trackbacks (3)
Melanjutkan dua tulisan sebelumnya yang membahas tentang begitu pentingnya perencanaan dan hal-hal sederhana lainnya dalam ngeblog. Kini akan kita bahas langkah-langkah kecil lainnya. Tulisan ini sekaligus sebagai penutup seri tulisan sebelumnya.
Seperti kita tahu, dengan memiliki blog berarti kita bersedia menjalin hubungan dengan dunia luar diri kita. Artinya kita harus mau terbuka mengenai siapa diri kita, serta apa saja yang kita pikirkan dan rasakan. Kita mesti rela berbagi dengan orang lain.
Bila kesiapan untuk berbagi itu tak kita miliki, sulit untuk bisa menjadi blogger sukses. Selama masih ada rasa eman-eman untuk meng-share apa yang kita miliki, sulit blog kita bisa berkembang.
Percayalah ilmu atau pengalaman yang kita bagi tak bakal berkurang sedikitpun. Sebaliknya justru ilmu kita akan bertambah dan makin melekat pada diri kita. Selain hitung-hitung juga menambah amal karena menyebar kebaikan pada orang lain. ;)
Untuk itu penting bagi kita untuk tak perlu malu menunjukkan siapa diri kita. Agar pengunjung yang datang pun tahu siapa diri kita. Saya sarankan:
Tampilkan siapa diri kita. Sekalipun anda sudah “terkenal”, anda tetap perlu menampilkan siapa diri anda. Sebab, siapapun yang datang ke blog pasti ingin tahu siapa pemilik blognya. Ini bisa anda jelaskan di bagian “about me”. Sampaikan dengan jelas siapa anda, motivasi anda ngeblog, isi blog, serta tujuan yang ingin anda capai dengan blog anda.
Pasang foto. Berkait dengan poin di atas, perlu anda pasang juga foto anda. Ini penting untuk membuat kesan yang baik mengenai diri anda. Maksudnya, anda bukan jenis orang tertutup yang suka ngeblog sambil menyembunyikan diri di bawah selimut. Selain itu, orang lebih senang jika bisa melihat foto pemilik blog. Karena itu tak heran bila Friendster dan website sejenis yang banyak memajang foto berkembang sangat pesat. Orang juga lebih mudah mengingat wajah daripada nama. Dengan memasang foto anda bisa lebih gampang diingat.
Punya nama domain sendiri. Bila anda sudah cukup belajar ngeblog dari penyedia blog gratisan, saatnya hijrah dengan memiliki nama domain sendiri. Apalagi jika anda membuat blog untuk kepentingan bisnis. Memakai penyedia blog gratisan membuat blog bisnis anda terkesan tak profesional. Bila tak cepat memakai nama domain yang anda inginkan, bisa jadi nama itu sudah dipakai orang lain. Artinya anda pun akan kehilangan potensi yang anda dapat jika memakai tersebut. Dan anda harus repot cari nama domain lain.
Setelah menjelaskan siapa diri anda, anda tinggal isi dari blog anda. Saran saya:
Posting secara rutin. Memposting secara rutin akan menjaga pengunjung blog anda agar tidak pindah ke lain hati. Anda bisa posting setiap hari atau dua kali sekali. Kalau di blog ini, sedikitnya tiga artikel baru bisa anda dapatkan setiap minggu.
Sering-sering buat draft. Kalau anda punya koneksi internet sendiri anda bisa sering membuat draft. Tujuannya supaya posting anda bisa dilakukan konsisten. Jadi tak ada lagi alasan bingung mau nulis apa. Setiap punya ide, tulis terlebih dahulu dalam draft. Dan anda bisa selesaikan nanti jika anda sudah merasa siap mempublikasikannya. Dengan segera membuat draft, anda juga bisa menghindari lupa dan. Kalau tak punya akses internet sendiri, anda juga bisa menyimpannya di folder khusus yang berisi tentang ide-ide tulisan anda.
Tunjukkan posting yang berhubungan. Anda bisa melakukannya lewat link di dalam setiap posting maupun di akhir posting. Agar pengunjung bisa mendapat info yang lebih komplit mengenai hal yang anda tulis. Prinsipnya buat sebetah mungkin pengunjung ada di blog anda. Jangan biarkan mereka cepat-cepat minggat.
Mari terus ngeblog. Bila anda melakukan hal-hal kecil di atas secara konsisten, saya yakin kesuksesan yang akan anda rasakan tinggal tunggu waktu. Semoga sukses

Langkah-Langkah Kecil yang Menghasilkan Keuntungan Luar Biasa (Bagian 2)

By Joko Susilo Comments (93) Trackbacks (2)
Dalam posting sebelumnya, saya tekankan betapa penting membuat perencanaan blog serta membuat judul yang menarik. Langkah-langkah sederhana itu tampaknya sepele saja dan mungkin sudah ditulis jutaan kali oleh para blogger. Tapi kenyataannya memang begitulah. Langkah-langkah kecil itu sangat menentukan kesuksesan blog kita.
Bisa dipastikan tak ada blog hebat yang tak mempraktekkan kedua hal tersebut. Silakan cari dan amati sendiri. Misal kita telusuri Tehnorati untuk melihat-lihat blog-blog yang masuk jajaran papan atas di jagad blogosfer. Kerap apa yang mereka lakukan dengan blog mereka tak terduga. Selalu muncul inovasi dan gebrakan baru yang tak pernah kita pikirkan. Gerakan blog-blog itu selalu jauh beberapa langkah di depan blog kita.
Judul-judul yang mereka buat pun selalu memancing keingintahuan pembaca untuk mengklik. Begitu melihat judulnya seketika timbul rasa penasaran untuk tahu apa isinya. Walau terkadang isinya biasa saja, tapi jari-jari kita tak kuasa untuk tidak mengkliknya. Karena itu pantaslah jika mereka meraih keadaan yang diidamkan para blogger: memiliki traffic yang melimpah dan keuntungan yang berlipat-lipat.
Dan saya yakin performance yang begitu luar biasa itu berawal dari perencanaan yang tepat. Kata orang bijak, dengan membuat perencanaan berarti tujuan kita sudah setengah tercapai. Tanpa perencanaan sama artinya kita merencanakan kegagalan.
Oke, melanjutkan posting sebelumnya, kita teruskan langkah-langkah sederhana untuk menghasilkan keuntungan luar biasa.
Beri judul gambar dengan kata. Sebaiknya biasakan memberi judul gambar dengan kata, bukan angka. Serta sesuaikan dengan posting anda. Misal, untuk posting tips ngeblog, lebih baik gambar yang anda upload juga diberi nama “tips-ngeblog.jpg” daripada dengan “gambar1.jpg”. Ini akan membantu pencarian di search engine. Jangan lupa pula sertakan deskripsi gambar yang sesuai. Ini akan meningkatkan tingkat keterbacaan keyword anda.
Gunakan element judul pada setiap link yang anda buat. Agar ketika pembaca mengarahkan cursornya ke link yang anda buat, bisa tahu gambaran isinya. Ini penting untuk meningkatkan keinginan pembaca untuk meng-kliknya.
Pilih template yang bisa diakses cepat. Memakai template yang hebat kadang sangat menyenangkan. Karena bisa terlihat sangat wah. Tapi kalau kemudian justru membuat lelet dibuka, sebaiknya hindari. Sebab, hal pertama yang diinginkan pengunjung adalah secepat mungkin bisa melihat isi blog anda.
Pilih web host yang cepat. Ranking blog anda sangat dipengaruhi oleh kemampuan blog anda. Jadi jika blog anda lama untuk bisa diakses, pasti rangking blog anda ikut jeblog. Salah satu penyebabnya mungkin karena penyedia web hosting yang tak bagus. Cari web hosting yang bagus. Panduan memilih web host bisa anda lihat di sini.
Simpan foto di server anda. Foto atau gambar yang anda pasang sebaiknya diletakkan di server anda. Karena jika anda meletakkanya di tempat lain, misal di situs penyedia gambar gratis, maka traffic yang anda peroleh akan lari ke sana.
Gunakan Google Sitemap. Google sitemap berisi tentang content blog anda. Baik URL-nya serta informasi frekuensi update halaman-halaman web. Adanya sitemap ini akan sangat membantu search engine Google dalam mengindeks situs kita.
Lakukan langkah-langkah kecil ini agar hasil luar biasa bisa segera anda rasakan. Penghasilan raksasa tak harus dilakukan dengan langkah-langkah raksasa pula, tapi dengan cara-cara sederhana pun bisa.
Ok. Saya tunggu komentar anda…

Langkah-Langkah Kecil yang Menghasilkan Keuntungan Luar Biasa (Bagian 1)

By Joko Susilo Comments (102) Trackbacks (6)
Menjadi blogger sebetulnya sangat gampang. Tapi untuk menjadi blogger yang hebat memang kita butuh perjuangan sedikit keras. Selain terus memproduksi tulisan berkualitas, tak henti berpromosi, juga meningkatkan fitur dan tampilan blog kita.
Karena itu, kita tak boleh berhenti belajar. Untuk terus meningkatkan kualitas blog, kita dituntut memiliki sikap terbuka dan pantang berpuas diri. Tidak berhenti pada satu titik lantas merasa blog yang kita punya sudah sempurna. Blog harus terus berkembang dan berkembang.
Memang kadang ada banyak kesibukan yang membuat kita memaafkan diri telah menelantarkan blog kita. Tapi itu sebetulnya tak perlu terjadi asal ada perencanaan blog dan kita mematuhinya. Dan perencanaan itu bersumber dari apa tujuan kita membuat blog.
Bila tujuan kita menjadikannya sebagai blog personal atau blog yang dimaksudkan menjalin hubungan dengan banyak orang, bukan berarti lantas boleh membuat kita asal-asalan mengurusnya. Kita tetap harus merencanakan perkembangannya dari hari ke hari. Bila tak diurus dengan benar, pasti tak banyak yang mau menjalin hubungan dengan kita. So, tujuan memperbanyak teman jadi tak tercapai.
Apalagi kalau tujuan membuat blog untuk menghasilkan uang. Tanpa keseriusan dan komitmen untuk mengelola blog dengan benar pasti kran uang tak mengalir lancar. Mampet! Impian anda untuk bermandikan uang pun jadi tak kesampaian.
Karena itu, sangat saya sarankan untuk membuat perencanaan blog. Baik perencanaan harian, mingguan, bulanan, tahunan dilengkapi target yang ingin anda raih. Target tahunan merupakan impian yang ingin anda capai tahun ini. Mungkin 10 ribu teman baru atau penghasilan Rp 100 juta.
Mustahil? Sama sekali tidak! Banyak orang termasuk saya yang sudah membuktikannya. Dulu bagi saya impian mendapat uang milyaran nyaris tak pernah terbayangkan. Tapi kini itu sudah saya rasakan dan nikmati.
Memang duit sebanyak itu tak saya taruh semuanya di tempat tidur saya. Karena selain saya tak bisa tidur gara-gara tempat tidur dipenuhi tumpukan uang itu, bisa-bisa ranjangnya juga ambruk. Semua penghasilan itu sudah saya investasikan kembali. Agar makin banyak uang yang bisa saya peroleh sehingga makin banyak pula yang bisa saya perbuat untuk orang banyak.
Saat ini, impian saya adalah bagaimana membuat anda-anda semua bisa ikut merasakan kenikmatan yang kini saya jalani. Bagaimana anda bisa hidup tenang tanpa tekanan pekerjaan yang bertubi-tubi dan membuat tubuh lelah dan pikiran anda stres berat, namun penghasilan terus mengalir deras tanpa henti seperti. Seperti air terjun, uang yang anda terima terus mengucur deras mengguyur tubuh anda.
Kembali ke soal perencaaan, setelah membuat perencanaan tahunan, perlu anda jabarkan dalam langkah-langkah lebih konkret dalam perencanaan bulanan, mingguan, dan bahkan harian. Perencanaan-perencanaan itu yang nantinya akan menjadi jembatan-jembatan meraih target anda tahun ini.
Kalau tengah bingung mau anda apakan blog anda hari ini, ini yang bisa anda perbuat: Buat judul posting yang dicari oleh pembaca!
Headline atau judul yang anda pasang memiliki peran sangat penting. Karena dari headline, pembaca memutuskan membaca posting anda atau tidak. Kalau judul anda tak cukup menarik untuk menggugah pembaca mengklik, jangan harap posting anda dibaca.
Karena itu, saya sarankan sebelum posting, pikirkan baik-baik headlinenya. Ini yang perlu anda jadikan pertimbangan:1. Buat judul semenarik mungkin. Yang menarik seperti apa? Bisa banyak pertimbangannya, yang pasti bisa menggugah pengunjung untuk membacanya. Coba lihat judul anda. Apakah paling tidak cukup menarik untuk anda sendiri? Kalau tidak anda bisa ganti headlinenya. Cari beberapa alternatif sebelum anda putuskan yang anda pakai.2. Pakai kata yang banyak dicari orang. Apa kata yang banyak dicari orang? Karena setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik, kira-kira ini kata yang sering mereka cari: sukses, mudah, uang, enak, dan sejenisnya. Pakai kata yang populer dalam headline agar bisa lebih mudah ditemukan oleh pembaca. Hindari memakai kata yang rumit dan tak banyak dipakai.
Coba lihat headline anda. Kalau tak menarik segera ganti. Lihat pula headline dalam tulisan-tulisan sebelumnya. Tak ada salahnya mengganti kalau anda rasa memang tak cukup menarik di mata pembaca.
Bagaimana? Headline anda sudah lebih baik?

Strategi Mujarab Pengembangan Content Demi Profit Melimpah

By Joko Susilo Comments (216) Trackbacks (1)
Anda sudah tahu bagaimana cara paling ampuh mengembangkan konten? Kalau belum, anda wajib tahu. Sebab konten berkaitan erat dengan traffic dan penjualan anda. Konten di situs web dan blog anda mempengaruhi popularitas dan profit anda.
Konkretnya begini, orang akan memberikan alamat email mereka dan sign up di situs web atau blog anda jika mereka suka yang anda tulis. Selama posting artikel anda menarik, informatif, juga inspiratif, saya yakin pengunjung segera bergabung di situs web dan blog anda.
Nah, pengunjung hanya mau membeli produk anda, jika sales letter anda sukses memberikan janji dan keuntungan yang mereka inginkan. Dan, satu lagi produk anda minim resiko. Apalagi untuk situs web membership. Tentang copywriting pernah ditulis memikat oleh Mas Wawan Purnama di sini.
Kalau anda tak memberikan konten yang berbeda, terbaru, dan mendidik setiap kali posting, pelanggan anda akan lari. Maka, jangan menganggap remeh isi blog anda. Semua informasi yang dibutuhkan pengunjung harus anda penuhi.
Untuk memberikan konten yang selalu bermanfaat bagi pengunjung, anda perlu menerapkan strategi. Ini sering disebut content development strategy. Dengan menerapkan strategi pengisian konten, anda bisa memberikan yang diinginkan pengunjung anda.
Mudah saja caranya, cukup pelajari bagaimana menciptakan dan menggunakan konten yang tepat untuk semua posting. Misal, hari ini pengunjung sedang gandrung topik A. Maka berikanlah A. Atau misal, mereka sedang kesulitan dengan problem B, ya beri solusi untuk masalah B.
Untuk lebih memudahkan anda mengembangkan konten, anda bisa gunakan cara berikut ini.
1. Tangkap perhatian pengunjungKonten apapun yang anda berikan, harus mampu menggaet perhatian pengunjung. Tentunya, dengan memiliki produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, anda tinggal membuat konten yang bisa menarik perhatian mereka.
Sebaik apapun produk anda, jika anda tak bisa mengungkapkannya dengan bagus di konten website, anda akan kalah. Di internet, kekuatan yang anda miliki adalah bahasa gambar dan keajaiban kata-kata.
Kalau anda lemah dalam merayu calon pembeli, pastinya anda kalah dalam persaingan. Maka, segera pikat perhatian pengunjung sesaat setelah mereka memasuki situs web anda. Katakan dengan tegas apa yang anda tawarkan di awal website anda.
2. Tulis artikel ringan dan fokusPastikan sales copy anda mudah dimengerti dan to the point. Pakai bahasa yang ringan tapi lugas. Jangan bertele-tele. Kalau anda bisa membuat orang lain kaya dengan produk anda, katakan saja terus terang! Kalau anda bisa membuat orang lain cantik dengan produk anda, ungkapkan langsung!
Jika anda memiliki blog, tulis saja artikel, informatif, tidak bertele-tele. Anda boleh menulis artikel pendek. Pengunjung biasanya lebih menyukai tipe tulisan yang pendek. Tapi, ada pula yang menyukai detail. Sehingga mereka lebih suka dengan artikel panjang. Untuk mengakomodasi semua tipe pengunjung, baiknya anda tak cuma menulis artikel pendek saja. Tapi, tulis juga yang panjang.
Yang penting sesuaikan dengan kebutuhan. Ada banyak jenis artikel yang memperkaya isi blog anda. Dan, jangan lupa, berikan link jika anda mempunyai sumber artikel yang membahas tema anda lebih dalam.
3. Lakukan perubahan Anda bisa mengubah sales copy anda dalam jangka waktu tertentu. Ingat, setiap sales copy memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda. Nah, anda bisa terus mengubah gaya anda. Cari terus yang terbaik. Selama penjualan anda terus meningkat, berarti perubahan anda membawa pengaruh yang baik.
4. Original dan mudah dikenangMembuat situs web berbeda dari yang lain itu penting. Fungsinya, agar anda punya positioning yang berbeda dari pesaing anda. Timbulkan kesan bahwa anda internet marketer yang berbeda dari yang pernah ada.
Keluarkan ide-ide yang original dan lekatkan citra yang berbeda. Misal, anda punya gaya artikel yang lain dari blog atau situs web lain. Mungkin juga, desain web anda jauh lebih unik, mudah, dan menyenangkan. Pokoknya, anda harus berbeda dari yang lain!
So, sekarang apa yang akan anda lakukan dengan konten anda? Mari kita sama-sama ACTION. Banyak ACTION banyak rejeki!

Memoles Tampilan Blog Anda: Pakai Desain yang Memikat dan Font yang Tepat

By Joko Susilo Comments (287) Trackbacks (5)
Content blog memang penting. Tapi kini di era visual thinking, tampilan blog tak kalah penting. Meski isi blog anda sangat bagus, namun tanpa ditunjang penampilan mengesankan, blog anda potensial kehilangan banyak traffic. Aspek tampilan tak bisa dikesampingkan menjadi salah satu faktor pendongkrak menjadi blog sukses spektakuler.
Seperti apa tampilan blog yang baik? Layout model 2 kolom atau 3 kolom? Huruf apa yang dipakai? Silakan simak saja…
Dari mata turun ke hati… Begitulah kira-kira tipe pengunjung blog masa kini. Yang pertama kali mereka lihat adalah tampilan blog anda. Kalau cocok, baru menjelajahi seluruh isinya. Setelah itu mereka akan berkunjung rutin dan menjadi pengunjung setia. Sedang kalau merasa tak nyaman, yang mereka lakukan hanya mencari informasi yang dibutuhkan. Setelah itu, minggat tak kembali lagi.
Tak pelak, aspek tampilan menjadi faktor penting membuat blog sukses spektakuler. Karena dengan tampilan yang baik, tak acak-acakan seperti yang ditulis Mas Hengky, pengunjung merasa nyaman dan betah. Mata tak sakit karena font yang dipakai terlalu kecil atau sulit dibaca. Penataannya rapi membuat pengunjung mudah menelusuri setiap inchi blog anda.
Desain dan pemilihan font! Dua hal ini yang perlu anda perhatikan untuk memoles tampilan blog anda.
Mari kita mulai dari desain blog terlebih dulu. Tapi sebelumnya, saya ingin katakan kalau dalam desain tak ada jawaban pasti seperti dalam ilmu matematika. Soal desain blog sangat bergantung tujuan, topik, dan target pengunjung blog anda. Yang saya sharingkan hanya panduan umum dan berdasar pengamatan saya terhadap blog-blog sukses.
Yang saya amati, blog sukses tak pernah menomorduakan aspek desain. Desain dianggap sama penting dengan content. Ada blog terkenal yang memakai model layout dua kolom, seperti Zen Habits. Tapi ada juga yang berlayout 3 kolom atau lebih, seperti Lifehacker. Tapi yang penting, prinsipnya desain blog dibuat seefektif dan sefungsional mungkin. Berusaha memanjakan pengunjung agar mudah dan nyaman saat ada di blognya, dan tak sampai tersesat.
Nah, kedua soal pilihan font. Pemilihan font yang tepat bisa membuat pembaca betah membaca, meski kadang cuma hanya men-scanning teks. Yang banyak saya amati, font di judul biasanya memakai font jenis Arial, Trebuchet MS, Lucida Grande, atau Georgia.
Sedang di tubuh artikel, kebanyakan blog memakai font tanpa kaki (sans-serif). Ada yang mengatakan kalau font tanpa kaki terlihat lebih jelas di layar komputer meski sampai ukuran yang kecil. Jenis font yang banyak dipilih adalah Verdana, Trebuchet MS, Lucida Grande, dan Arial. Contohnya, Verdana dipakai CopyBlogger dan Trebuchet MS dipakai Seth Godin,
Lalu berapa ukurannnya? Ukurannya bervariasi antara 10px sampai 14 px. Jangan terlalu besar tapi juga jangan kekecilan. Kalau blog JokoSusilo.com sendiri memakai font Trebuchet MS untuk judul, dan font Verdana di body teks.
Memoles tampilan blog anda agar menawan, membuat blog anda lebih disukai pembaca. Kalau blog anda sudah ramai, pasti uang mengalir deras ke kantong anda.
Oh ya, kalau anda pakai desain model apa dan font apa?

Merencanakan Layout Situs Web


By Joko Susilo, ST.

Preparations makes perfect. Persiapan yang matang akan menghasilkan hasil sempurna.
Anda percaya?
Ok. Kita lanjutkan bahasan kita tentang tahapan lanjutan merencanakan situs web affiliate.
Untuk membangun situs web affiliate, anda juga perlu persiapan agar situs web anda siap tampil. Tak bisa anda hindari, membuat situs web perlu persiapan matang dan perencanaan bagus agar dapat memberi hasil maksimal.
Kemarin kita belajar bagaimana perencanaan membuat situs. Mulai dari memiliki ide untuk tema situs, sampai merencanakan bagian-bagian situs dan halaman web. Setelah itu semua, lalu apa yang harus anda lakukan?
Selanjutnya, anda pikirkan tentang layout dan template untuk situs web anda. Setelah semua rencana di atas anda persiapkan, segera bergerak, take action!!! So, situs anda siap launching.
Baiklah… kita omongkan satu persatu. Kita mulai dari layout (tata letak) situs web. Perlu anda ketahui, pada umumnya setiap situs web memiliki empat elemen layout.
1. website headerWebsite header, seperti namanya ia berada di bagian atas (head=kepala). Bagian ini menentukan pola situs web anda. Anda bisa menaruh nama situs web, logo, dan gambar-gambar yang berkaitan dengan tema situs anda di bagian ini.
Lalu, bagaimana membuat website header yang menarik?
Buat header proporsional. Tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Header yang terlalu besar selain tidak serasi, juga akan menghabiskan ruangan untuk content situs web. (Sebagai perbandingan, coba bayangkan kalau orang berkepala sangat besar dengan tubuh yang sangat kecil.)
Sebaiknya, jangan memuat gambar-gambar yang dapat memberatkan file anda. Agar, pengunjung mudah mengakses situs web anda.
2. skema navigasiSebuah desain situs web yang bagus akan memudahkan pengunjung dalam mencari informasi. Oleh karena itu, jangan membuat menu navigasi yang membingungkan. Adanya flash atau animasi mungkin menarik, tapi bisa jadi akan membingungkan pengunjung.
Anda bisa menata letak navigasi anda pada :
Bagian Atas (Top Navigation). Ini biasa digunakan untuk menghubungkan halaman-halaman utama situs web. Tapi, jangan menggunakan terlalu banyak link di bagian ini. Agar pengunjung tidak hanya melihat ke atas dan bawah saja, tapi juga samping kanan dan kiri.
Bagian kanan/kiri (left/right navigation). Gunakan bagian ini untuk menghubungkan halaman yang memuat keterangan rinci atau detil dalam situs web anda.
3. bagian isi situs (main body)Pada bagian ini anda bisa masukkan isi situs web anda. Usahakan layout di bagian ini mudah dan nyaman untuk dibaca.
Letakkan isi terpenting dari situs web anda serupa headline dalam surat kabar. Jadi, pengunjung langsung mengetahui bagian inti dari isi tulisan anda.
Beri ruang yang pas untuk bagian isi. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung membaca halaman situs web.
4. website footerBagian footer berarti bagian kaki atau bawah. Anda bisa menaruh link-link dan informasi tentang situs web anda di bagian ini. Biasanya berisi seperti ini;
Contact Us. Ini bisa membuat pengunjung percaya pada situs web karena mereka bisa menghubungi anda.
Privacy Policy. Ini bisa meningkatkan kredibilitas anda.
About Us. Ini bersifat pilihan. Bisa anda cantumkan bisa tidak.
Sitemap. Bagian ini penting jika situs web anda berhalaman banyak
Seperti itulah bagian-bagian situs web. Dan supaya lebih mudah, anda bisa pakai template. Ini akan banyak menghemat waktu anda. Serta membuat bagian-bagian situs web anda tetap konsisten dari satu halaman ke halaman lain.
Namun, apapun yang anda pilih, anda harus tetap melakukan perencanaan. Ini penting untuk memetakan persoalan atau tantangan yang mungkin dihadapi. Sehingga dengan begitu, setelah launching, situs web anda bisa berkembang dengan cepat tanpa kendala berarti.
Anda setuju? atau anda punya cara lain? Just Do It!

Telusuri keuntungan Anda lebih lanjut: http://www.formulabisnis.com/?id=razmyhumris

Tren dan Prediksi Bisnis Internet 2009, Apa dan Bagaimana? (Bagian 2)

By Joko Susilo Comments (275) Trackbacks (4)
Pasti anda sudah baca posting sebelumnya. Di sana saya katakan kalau affiliate program dan produk informasi masih akan marak di bisnis internet 2009. Sebab, bisnis model ini bermodal rendah, tapi dengan potensi high-return dan berkesinambungan.
Nah, hal lain yang akan mendominasi di tahun 2009 adalah social media. Penggunaan social media akan makin populer. Beragam jenis social media, terutama blog, akan menjadi warna utama pendorong kesuksesan bisnis internet.
Tak lagi cukup hanya mengandalkan situs web penjualan untuk berbisnis internet. Blog justru yang akan memainkan peranan lebih besar. Sifatnya yang lebih interaktif dan dinamis membuat blog lebih disukai pengunjung, ketimbang situs web penjualan yang kaku.
Interaktivitas adalah kata kuncinya! Pengakses internet sekarang tak lagi mau sebatas menerima dan jadi konsumen yang pasif. Tapi mereka ingin ikut berpartisipasi, ikut mengambil peran. Mereka ingin lebih aktif saat berselancar di dunia maya, baik lewat saling tengok blog maupun saling berkomentar.
Selain blog, peranan social bookmark dan social network untuk bisnis internet akan makin penting. Kedua jenis social media ini biasanya diikuti oleh anggota yang sangat besar. Kemampuan anda mengenali social media yang sesuai dengan target market anda, akan sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda. Sebab, dengan jumlah pengikut yang besar, pastinya tersimpan potensi traffic yang bisa beralih menjadi konsumen.
Adanya social networking dan social bookmark lokal seperti fupei.com dan www.lintasberita.com akan sangat memudahkan anda, bila memang target marketnya adalah lokal. Di samping, tentu tetap dibutuhkan kejelian memilih pangsa pasar potensial yang lebih spesifik dan belum banyak dilirik.
Bagi pebisnis, menjalin hubungan baik dan membangun komunitas, tanpa melupakan kegiatan mempromosikan produk, sudah jadi kesadaran umum. Dan semua peran itu bisa dijalankan dengan baik oleh social media. Maka, bukan mustahil peningkatan jumlah iklan yang dipasang di social media akan meningkat pesat.
Nah, jika anda belum menjamah ke social media, sekarang saatnya mulai. Jangan ragu lagi untuk bergabung dan aktif di social media anda. Sebab, inilah saluran paling ampuh pendorong kesuksesan bisnis internet anda.
Kata Mas Arief, kesuksesan anda di masa depan sangat ditentukan apa yang anda perbuat hari ini. Ya, sekarang ini! Sebab saat ini anda hidup dan saat ini anda bisa berbuat untuk masa depan anda. Kalaupun lalu ada rintangan dalam perjalanannya, itu hal yang wajar. Sebab, mengutip Mas Muklis, bisnis atau usaha itu adalah perjuangan dalam kehidupan.
Sekali lagi, kemampuan anda memanfaatkan social media sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda tahun depan. Menarik juga menyimak posting MasHengky tentang rencana bisnis 2009.
Lihat sejenak http://www.formulabisnis.com/?id=razmyhumris

Tren dan Prediksi Bisnis Internet 2009, Apa dan Bagaimana? (Bagian 1)

By Joko Susilo Comments (328) Trackbacks (4)
Menjelang tutup tahun seperti sekarang, biasanya anda akan disibukkan dengan banyak pekerjaan. Selain menyelesaikan pekerjaan yang belum kelar atau berupaya mengejar target yang belum tercapai, juga mulai mempersiapkan diri di tahun yang baru nanti. Segalanya dipersiapkan dan direncanakan sebaik mungkin. Agar target tahun depan bisa berhasil dicapai dengan baik.
Nah, agar perencanaan anda bisa lebih tepat arah, saya ingin berbagi dengan anda mengenai tren dan prediksi bisnis internet 2009. Tulisan ini saya bagi dalam dua tulisan.
Tren bisnis internet mendatang masih akan menjadikan model affiliate program sebagai primadona. Tak heran, karena affiliate program telah teruji dan terbukti mampu mendatangkan uang dalam waktu (relatif) lebih cepat. Dibanding dengan sumber penghasilan dari internet lainya, affiliate program masih yang paling menjanjikan.
Makin maraknya penggunaan model affiliate program dalam bisnis internet juga didorong jumlah pengakses internet yang makin besar. Tumbuhnya pengakses internet baru terutama dari kaum muda, yang rentang usianya dari 15-30 tahun. Kemampuan merebut pangsa besar itu sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda. Kesuksesan affiliate program yang berkembang pesat di internet pun akan menginspirasi untuk diterapkan secara offline.
Selain ramainya penggunaan model affiliate program, bisnis internet berbasis produk informasi juga jadi pilihan utama. Penjualan produk informasi lewat internet bakal makin fantastis. Ditambah dengan isi produk yang makin meluas dan variatif.
Tumbuhnya penggunaan produk informasi untuk berbisnis internet sangat wajar. Sebab ada permintaan yang sangat besar. Rata-rata orang ketika mengakses internet bermaksud mencari solusi atas problem yang dihadapinya. Lewat produk informasi, pebisnis internet berusaha membantu calon konsumen agar bisa memecahkan persoalannya. Bagi pebisnis internet sendiri, menjual produk informasi jauh lebih mudah dan murah. Serta menjanjikan income yang besar dan berkesinambungan.
Tren ini bagi reseller pun menjadi berkah. Sebab akan makin banyak pilihan produk informasi yang bisa dijual. Dan menyimak apa yang dikatakan Mas Umar Pujakusuma, ada betulnya kalau reseller malah bisa lebih sukses ketimbang pemilik produk.
Meski pemain di bisnis internet bermodel affiliate program dan menjual produk informasi terus bertambah, tapi dibanding pangsa pasar yang ada sebetulnya masih belum ada apa-apanya. Dari jumlah jutaan pengakses internet di Indonesia, saya yakin konsumen dari seluruh produk informasi yang ada paling masih dalam angka ratusan ribu orang. Untuk data dan statistik umum pengguna internet, Mas Zams telah menuliskannya.
So, segera bergegas dan mulai bisnis internet adalah pilihan terbaik bagi anda.
Tren di atas juga menuntut merchant untuk terus berbenah diri. Selalu berupaya meningkatkan pelayanan agar para affiliatenya lebih mudah menjual dan terus menghasilkan keuntungan. Pebisnis internet pun dituntut makin kreatif untuk melihat peluang pasar baru. Lewat peluncuran produk baru yang lebih spesifik dan memenuhi keinginan pasar.
Apa lagi tren lainnya? Simak lanjutannya dalam artikel lanjutannya …
Kalau menurut anda, bagaimana tren dan prediksi bisnis internet 2009? Silakan berkomentar dan mari kita bahas bersama…

Tren dan Prediksi Bisnis Internet 2009, Apa dan Bagaimana? (Bagian 1)

By Joko Susilo | Comments (328) | Trackbacks (4)
Menjelang tutup tahun seperti sekarang, biasanya anda akan disibukkan dengan banyak pekerjaan. Selain menyelesaikan pekerjaan yang belum kelar atau berupaya mengejar target yang belum tercapai, juga mulai mempersiapkan diri di tahun yang baru nanti. Segalanya dipersiapkan dan direncanakan sebaik mungkin. Agar target tahun depan bisa berhasil dicapai dengan baik.
Nah, agar perencanaan anda bisa lebih tepat arah, saya ingin berbagi dengan anda mengenai tren dan prediksi bisnis internet 2009. Tulisan ini saya bagi dalam dua tulisan.
Tren bisnis internet mendatang masih akan menjadikan model affiliate program sebagai primadona. Tak heran, karena affiliate program telah teruji dan terbukti mampu mendatangkan uang dalam waktu (relatif) lebih cepat. Dibanding dengan sumber penghasilan dari internet lainya, affiliate program masih yang paling menjanjikan.
Makin maraknya penggunaan model affiliate program dalam bisnis internet juga didorong jumlah pengakses internet yang makin besar. Tumbuhnya pengakses internet baru terutama dari kaum muda, yang rentang usianya dari 15-30 tahun. Kemampuan merebut pangsa besar itu sangat menentukan kesuksesan bisnis internet anda. Kesuksesan affiliate program yang berkembang pesat di internet pun akan menginspirasi untuk diterapkan secara offline.
Selain ramainya penggunaan model affiliate program, bisnis internet berbasis produk informasi juga jadi pilihan utama. Penjualan produk informasi lewat internet bakal makin fantastis. Ditambah dengan isi produk yang makin meluas dan variatif.
Tumbuhnya penggunaan produk informasi untuk berbisnis internet sangat wajar. Sebab ada permintaan yang sangat besar. Rata-rata orang ketika mengakses internet bermaksud mencari solusi atas problem yang dihadapinya. Lewat produk informasi, pebisnis internet berusaha membantu calon konsumen agar bisa memecahkan persoalannya. Bagi pebisnis internet sendiri, menjual produk informasi jauh lebih mudah dan murah. Serta menjanjikan income yang besar dan berkesinambungan.
Tren ini bagi reseller pun menjadi berkah. Sebab akan makin banyak pilihan produk informasi yang bisa dijual. Dan menyimak apa yang dikatakan Mas Umar Pujakusuma, ada betulnya kalau reseller malah bisa lebih sukses ketimbang pemilik produk.
Meski pemain di bisnis internet bermodel affiliate program dan menjual produk informasi terus bertambah, tapi dibanding pangsa pasar yang ada sebetulnya masih belum ada apa-apanya. Dari jumlah jutaan pengakses internet di Indonesia, saya yakin konsumen dari seluruh produk informasi yang ada paling masih dalam angka ratusan ribu orang. Untuk data dan statistik umum pengguna internet, Mas Zams telah menuliskannya.
So, segera bergegas dan mulai bisnis internet adalah pilihan terbaik bagi anda.
Tren di atas juga menuntut merchant untuk terus berbenah diri. Selalu berupaya meningkatkan pelayanan agar para affiliatenya lebih mudah menjual dan terus menghasilkan keuntungan. Pebisnis internet pun dituntut makin kreatif untuk melihat peluang pasar baru. Lewat peluncuran produk baru yang lebih spesifik dan memenuhi keinginan pasar.
Apa lagi tren lainnya? Simak lanjutannya dalam artikel lanjutannya …
Kalau menurut anda, bagaimana tren dan prediksi bisnis internet 2009? Silakan berkomentar dan mari kita bahas bersama…

6 Langkah Menyusun Perencanaan Bisnis Internet: Panduan Mudah Buat Si Newbie

6 Langkah Menyusun Perencanaan Bisnis Internet: Panduan Mudah Buat Si Newbie
By Joko Susilo Comments (177) Trackbacks (4)
Memulai bisnis internet tak sesulit yang dibayangkan banyak orang. Asal tahu caranya, justru Anda akan menikmatinya dan tak pernah menyangka kalau begitu mudah mengawali bisnis internet. Apalagi setelah berjalan dan hasilnya bisnis internet anda mulai menghasilkan uang, hemm… pasti anda tak akan mau bekerja offline lagi.
So, bagaimana? Saran saya, mulailah dari A sebelum sampai ke Z. Ikutilah langkah-langkah mudah berikut ini secara berurutan untuk mulai membangun bisnis internet Anda.
1. Tentukan Tujuan Bisnis dan Anggaran Dana.
Apa tujuan anda berbisnis internet? “Ya jelas menghasilkan uang!” pasti anda jawab begitu. Maksud saya, apa tujuan bisnis internet anda untuk mendapatkan konsumen baru atau untuk menyediakan layanan dan sebagai sarana komunikasi dengan para konsumen yang sudah ada? Atau mungkin tujuannnya untuk mengedukasi pasar target market anda? Atau malah barangkali untuk membuat komunitas online? Nah dalam tahap awal ini tentukan juga dana yang akan anda investasikan. Memiliki tujuan dan anggaran investasi yang jelas akan membuat langkah anda lebih efektif.
2. Tentukan Target Market
Bisnis modern mengenal yang namanya segmentasi atau target pasar yang dituju. Nah, tentukan secara jelas siapa saja target market anda. Apakah semua orang pria dan wanita? Berapa umur mereka? Bagaiaman kondisi social-ekonomi mereka? Berapa penghasilan mereka? Apa kata kunci yang biasa mereka gunakan di search engine?
Apa perlu sedetil itu? Ya, lebih detil lebih baik! Semakin anda paham target market anda, makin mudah bagi anda untuk meluncurkan jurus-jurus marketing anda.
3. Kenali Iklim Persaingannya
Ketahui dan pahami bagaimana pasar bisnis internet yang anda bidik. Seberapa banyak pemain di sana? Bagaimana produk mereka? Pasar mana yang belum tergarap maksimal? Dari sana anda bisa menentukan dimana posisi terbaik anda untuk sukses di pasar tersebut. Cara untuk mengetahui para pesaing Anda, coba cek di Alexa.
4. Perhatikan Strategi Marketing Anda
Para pebisnis internet sukses biasanya yang memiliki strategi marketing yang andal. Maksudnya, mereka memiliki strategi pemasaran yang bisa membuat pesan produk atau layanan mereka bisa sampai kepada target market seperti yang anda diinginkan.
5. Mengatasi Masalah
Alasan utama kenapa orang membeli atau menggunakan layanan anda adalah untuk memecahkan persoalan yang tengah mereka hadapi. Ingat baik-baik hal ini! Dan tanyakan pada diri anda apakah produk anda mampu mengatasi masalah mereka? Bagaimana cara produk anda melakukannya? Dan apakah solusi yang anda tawarkan memiliki nilai lebih dibanding para pesaing anda?
6. Mem-branding Bisnis Internet Anda
Cara mudah pertama membranding bisnis anda adalah dari nama domain. Inilah yang pertama kali membedakan bisnis internet anda dengan yang lainnya. Dalam pemilihan domain, saran saya pilihlah yang berakhiran “.com”. Sebab, dunia internet identik dengan dunia dot com.
Dalam pemilihan nama domain, ada tiga kecenderungan yang saya lihat. Yang pertama, biasanya menggunakan nama pemilik bisnisnya, seperti yang juga saya lakukan untuk blog ini. Kedua, menggunakan nama bisnis. Seperti yang juga saya lakukan di www.FormulaBisnis.com. Dan ketiga, menggunakan keyword yang paling sering digunakan pengakses internet.
Proses branding bisnis internet anda bukan hanya dalam soal nama domain. Tapi terutama dalam keseluruhan proses bisnis internet anda. Mulai dari tampilan (template atau desain situs web, font, warna), konten (copywriting, artikel, podcast, video), serta pelayanan.
Nah, bagaimana? Tidak sulit kan? Dengan menerapkan keenam langkah ini, saya yakin tidak ada lagi kata sulit untuk mulai berbisnis internet dan menghasilkan uang yang melimpah.
Kalau yang bisnis internetnya sudah berjalan bagaimana? Tinggal lihat kembali kondisi bisnis internet anda dan sesuaikan dengan langkah-langkah di atas. Selamat mencoba. ..
Ayo ACTION!

5 Catatan untuk Si Newbie Sebelum Berbisnis Internet

By Joko Susilo Comments (186) Trackbacks (3)
Tidak semua orang yang terjun di bisnis internet bisa mengecap kesuksesan. Kenapa? Alasannya bukan masalah takdir atau karena mereka tidak berjodoh dengan internet.
Begini, bisnis internet memang bisnis masa depan. Bisnis yang sangat menggiurkan. Berbagai kemudahan dalam bekerja ada di sini. Semua orang bisa jadi bos. Dan, tidak perlu banyak modal. Cukup komputer dan akses internet. Pun, penghematan besar-besaran bisa terwujud di sini. Ya, karena anda tidak perlu kantor, artinya tak ada biaya sewa kantor dan ongkos transport ke kantor. Kantornya bisa di rumah anda sendiri. Bahkan di kamar tidur anda!
Selain itu, anda akan memiliki banyak waktu bersama keluarga. Karena anda ada di sisi anak-anak seharian. Sambil bekerja anda bisa mengawasi perkembangan mereka. Menyenangkan bukan? Terutama bagi para ibu. Bisnis internet seperti menjawab masalah wanita karir yang dituntut pandai membagi waktu antara kepentingan pekerjaan dan keluarga.
Tapi, justru di sinilah letak pangkal masalahnya. Mereka yang gagal sering terlena dengan kemudahan bisnis internet. Tak ada jadwal kerja yang teratur. Dan parahnya saat-saat bekerja terganggu oleh kepentingan-kepentingan keluarga. Atau bahkan pekerjaan anda terpangkas habis oleh kesibukan menekuni hobi.
Kalau sudah demikian, bagaimana kita tidak gagal? Selain itu, biasanya orang sulit menyesuaikan diri dengan irama kerja pebisnis internet. Terlebih, mereka yang akrab dengan suasana kantoran, pasti ada perasaan mentok saat ia harus bekerja secara individu.
Nah, bagi anda para newbie atau pendatang baru, kiranya perlu menimbang beberapa hal sebelum serius terjun di binis internet. Terutama bagi anda yang masih berkecimpung di bisnis offline atau mungkin masih bekerja sebagai karyawan kantor. Bisnis internet bisa jadi pilihan masa depan paling tepat untuk anda.
Ok… sekarang coba telisik satu demi satu hal-hal di bawah ini. jika semua poin ini bisa anda taklukkan, anda tidak perlu ragu terjun bersama saya di bisnis internet!
1. Sadari kepribadian anda.Apa anda suka menyendiri? Atau anda suka bekerja dalam tim dan bertemu dengan berbagai jenis orang yang berbeda? Apakah anda bisa bekerja di bawah tekanan deadline yang anda buat sendiri? Pastikan jawaban anda jujur sejujurnya.Dalam bisnis internet, anda sang pemilik bisnis. Anda adalah bos bagi diri anda sendiri. Karena itu, kemauan anda untuk sukses sangat menentukan nasib bisnis anda. Jangan sampai, saat anda sudah terjun di sini, anda menyesal dan merasa bosan karena sebagian besar waktu kerja anda akan berhadapan dengan layar komputer.
Selain itu, di sini anda dituntut untuk patuh terhadap deadline yang anda tentukan sendiri. Tak ada alasan untuk melanggar deadline kerja. Kalau anda adalah tipe orang yang suka molor dalam bekerja, berhati-hatilah. Kegagalan membayangi bisnis anda, kecuali anda bisa mengubah kepribadian anda. Dan pastikan anda siap dengan semua kondisi yang akan anda hadapi di depan.
2. Tetapkan tujuan.Anda harus punya ancang-ancang. Apa yang harus saya keluarkan untuk membiayai bisnis ini? Keuntungan apa saja yang akan saya peroleh di sini? Berapa besar uang yang kira-kira bisa mengalir ke kantong saya? Artinya anda harus selalu bersiap-siap. Apapun yang terjadi dalam bisnis anda, anda harus sudah punya perhiyungaannya. Agar, anda bisa tetap menjaga motivasi anda. Dan, anda tidak akan pernah mengalami kerugian, baik waktu maupun uang. Karena itu, tentukan target anda sekarang!
3. Riset dan Tanya ke ahlinya.Adakah model bisnis yang menjadi perhatian anda saat ini dan anda ingin bergabung di dalamnya? Hati-hati. Mungkin anda sekarang tertarik dengan affiliate program atau program reseller. Jangan asal bergabung. Tanyakan dulu pada mereka yang sudah menjadi pakar affiliate marketer. Apa saja yang perlu anda tahu soal affiliate program? Bagaimana model bisnis ini menghasilkan uang untuk anda? dan hal-hal apa yang tidak boleh anda lakukan di sini? Atau bahkan, pelajari dulu affiliate program mana saja yang memang aman dan menguntungkan?
4. Prediksi.Berbisnis berarti anda harus bisa meramal. Maksudnya bukan meramal dengan kartu atau pergi ke dukun. Tapi, begini…setiap kali memulai bisnis anda harus mampu melihat, apakah keuntungan dari bisnis itu bisa memenuhi keuangan anda? Apakah kebutuhan keluarga anda bisa tercukupi dari sini? Jika apa yang anda mau bisa tercukupi dari bisnis ini, jangan ragu lagi! Segera action!
5. Enjoylah. Salah satu kunci keberhasilan berbisnis adalah motivasi. Dan, motivasi itu bisa ditumbuhkan selama kita bisa menikmati pekerjaan. Ya, kalau anda mencintai pekerjaan anda, anda akan selalu punya semangat dan dorongan untuk terus bekerja lebih giat dan lebih giat lagi! Betul begitu? Nah, saya harap sebelum anda terjun di bisnis internet, anda harus sudah paham dengan apa yang akan anda hadapi di sini. So, selama anda bisa enjoy, anda pasti bisa meraih kesuksesan! Percayalah!
Ok… bagaimana? Anda siap lepas landas berbisnis internet? Saran saya, meski ada pebisnis yang kurang beruntung, anda tak perlu ragu. Asal anda bisa menciptakan suasana kerja yang kondusif, pandai mengatur jam kerja, mengatur target dan mampu mematuhi deadline yang anda buat sendiri, saya yakin, sangat yakin bahkan anda bisa menuai sukses! Bisnis internet akan menjadi pekerjaan paling menyenangkan dalam sejarah hidup anda. So, salam ACTION!

Kesalahan Newbie di Masa Awal Berbisnis Internet

Anda pastinya sudah baca 14 kesalahan fatal bisnis internet. Namun kesalahan-kesalahan tersebut umumnya terjadi ketika anda belum mulai menjalankan bisnis internet. Sementara, ada sejumlah kesalahan lain yang potensial anda lakukan saat bisnis internet anda baru mulai. Di proses awal tersebut, kesalahan-kesalahan berikut ini bisa membuat langkah bisnis online anda sedikit tersendat.
Apa sajakah itu? Simak tiga kesalahan newbie saat mulai bisnis internet.
Kesalahan pertama: menghabiskan seluruh dana iklan di satu tempatBetul. Ini bisa terjadi pada para newbie. Mungkin karena terlampau bersemangat memulai bisnis internet, lalu seluruh dana iklan yang disiapkan hanya dihabiskan untuk beriklan di satu tempat. Harapannya dengan memasang iklan dengan ukuran besar misalnya, iklan itu bisa langsung meraup sukses besar. Syukur kalau iya. Namun kalau tidak, dana iklan anda langsung ludes.
Solusi: pecah dana iklan anda menjadi beberapa bagian. Tes dan ukur hasilnya. Bila berhasil, terus coba tingkatkan besar iklan. Namun bila belum, anda bisa coba pindah ke penyedia iklan lain. Dengan demikian anda bisa ukur dan membandingkan tingkat efektivitas antar penyedia layanan iklan. Bila ada layanan iklan baru, jangan segan mencobanya. Contoh seperti yang ditawarkan mr-mung.
Kesalahan kedua: Menyerah setelah mencoba hanya sekaliBanyak orang yang cepat menyerah hanya karena hasilnya belum kelihatan. Misalkan baru memposting artikel satu kali, lantas menginginkan blognya langsung menghasilkan uang. Atau baru mem-follow up sekali, lantas tak pernah melakukannya lagi. Semoga ini tak terjadi pada anda.
Solusi: coba lagi, lagi, lagi dan lagi. Jangan pernah menyerah! Soal memposting rutin misalnya, anda bisa belajar dari Mas Fadly dan Mas Andy yang terus konsisten memposting.
Kesalahan ketiga: tidak mem-follow up prospekProspek adalah calon pengguna produk atau layanan anda. Tak memfollow up atau melakukan penawaran seperti halnya dengan melakukan sesuatu tapi setengah jalan. Mungkin saja mereka lupa atau sedang sibuk, sehingga anda perlu mengingatkan dengan follow up.
Solusi: lakukan follow up. Dan tak cuma sekali. Bila perlu sampai 10 kali. Bila belum berhasil, berikan penawaran produk atau jasa lain yang kira-kira dibutuhkan oleh si prospek. Karena itu memiliki beberapa produk seperti Mas Irwan dan Mas Dafid, menjadi keuntungan sendiri. Bila prospek belum berjodoh dengan satu produk, mungkin berjodoh dengan produk lainnya.
Bagaimana menurut anda? Anda punya daftar kesalahan lain yang biasa dilakukan pemula di masa awal berbisnis internet?
Silahkan kunjungi http://www.formulabisnis.com/?id=razmyhumris